Berita

Bimtek Live CMS Pada Desa Role Mode Tahun 2023

Peron - Dispermasdes Kab. Kendal bersama Bank Jateng Cabang Kendal menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Cash Management System (CMS) pada Desa Role Model dalam rangka meningkatkan kualitas Tata Kelola Keuangan Desa bertempat di Aula Kecamatan Kendal pada hari Kamis tanggal 30 November 2023

 

 

 

Kegiatan ini mengundang beberapa Desa yang telah ditetapkan sebagai Desa Role Model Dispermasdes Kab. Kendal. Desa tersebut antara lain adalah Desa Peron Desa Puguh, Desa Kedungsari, Desa magersari, Desa Rowobranten, Desa Johorejo, Desa Lanji dan beberapa desa lain yang mewakili masing masing kecamatan. 

 

 

Acara dimulai sambutan dari Kepala Dispermasdes Kab. Kendal yang diwakilkan oleh Bapak Fachrie, Dalam arahanya, Fachrie mengajak kepada seluruh peserta bimtek untuk bersyukur atas anugrah segala potensi yang ada pada kita semua. Selain itu, beliau juga mengajak untuk bisa lebih maju lagi dengan mengenalkan transaksi non tunai melalui Cash Management System (CMS).

 

 

Selanjutnya acara dipandu oleh Bapak Fatchur beserta Tim dari Bank Jateng Cabang Kendal. Dalam pemaparannya disampaikan bahwa Sistem transaksi Non Tunai adalah Sistem informasi yang diperuntukkan kepada pengguna anggaran (dinas/bendahara) untuk melakukan proses pembayaran ke rekening tujuan secara non tunai. Sistem transaksi non tunai (TNT) ini bertujuan untuk mempercepat proses transaksi sehingga prosesnya lebih efisien. Untuk mengakses TNT Online dapat digunakan perangkat seperti HP atau PC/Laptop dengan konektivitas internet yang stabil. Prosesnya pun simple dan cepat. Pada kesempatan tersebut disampaikan pula masukan masalah dari para peserta bimtek antara lain adalah masih sedikitnya sarana pendukung perbankan di desa, sehingga harus menempuh perjalanan yang jauh untuk menjangkau fasilitas perbankan seperti mesin ATM.

 

 

Akhirnya kegiatan berakhir sekitar pukul 12.30 WITA. Diharapkan dengan acara bimtek mengenai CMS ini, praktik tata Kelola keuangan desa menjadi semakin maju, efektif dan efisien.

Share :

Cuaca Hari Ini

Kamis, 09 Mei 2024 16:46
Awan Tersebar
31° C 31° C
Kelembapan. 79
Angin. 2.14