Potensi

Bimbingan Teknis Pemutakhiran SDGS Tahun 2022

Peron - Pemerintah Desa Peron menggelar bimbingan teknis pemutakhiran data SDGs Tahun 2022, Rabu (21/09/22) bertempat di aula Balai Desa Peron

 

Sebagaimana diketahui SDGs Desa atau Sustainable Development Goals adalah tujuan pembangunan yang ingin dicapai secara berkesinambungan bagi desa. Diantaranya melakukan pemutakhiran data Indek Desa Membangun (IDM) yang lebih detail lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak.Bimbingan teknis (Bimtek) diikuti 15 operator SDGs Desa didampingi pendamping desa.

 

Bertindak selaku narasumber adalah Tri P dan Arif Purnomo Sidi selalu Tenaga Ahli Pendamping Desa.Pendamping Desa tersebut mengungkapkan bahwa data SDGs nantinya akan berkontribusi dalam penyusunan RKP Desa kedepannya.

 

Sementara itu Tenaga Ahli Pendamping  Arif Purnomo Sidi menjelaskan sejak tahun 2020 hingga 2021 Dana Desa (DD) banyak digunakan untuk Jaring Pengaman Sosial (JPS) baik penanganan dan pencegahan Covid-19 serta pemulihan ekonomi. “Untuk 2023 kalau saya lihat dari matrik kalau melihat wacana terakhir kemarin informasi yang disampaikan oleh menteri ke media massa BLT DD tetap ada, namun nanti sepertinya dikonversi ada dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem, barangkali sekiranya saja nanti ada pembaruan,” jelas Arif

 

Pihaknya mengakui penggunaan aplikasi belum maksimal. Kemungkinan hal ini diakibatkan kapasitas server kurang memadai untuk mengelola sekian banyak Gigabyte data sehingga akhirnya ada update bahwa inputnya dialihkan melalui dashboard pada saat pemutakhiran data SDGs di tahun 2021.

 

Kendalanya adalah konversi penggunaan aplikasi. Sehingga rekomendasi-rekomendasi yang muncul masih banyak yang belum bisa ditampilkan di aplikasi SDGs dan ini seharusnya sebagai bahan rujukan sebagai dasar penggunaan dan pengelolaan DD.

 

Ia berharap, diluar hal teknis enumerator mampu menginput hasil survei dengan baik sehingga dapat ditampilkan di dashboard data tentang kebutuhan dasar di desa bersangkutan.Tidak menutup kemungkinan bimtek akan dilaksanakan tindak lanjut pada pertemuan satu hingga dua bulan kedepan.

Share :