Berita

Sosialisasi Pengembangan Desa Mandiri Energi Di Kecamatan Limbangan

Peron, 13 Juni 2024 -- Sosialisasi Desa Mandiri Energi bertajuk "Merajut Simpul Energi untuk Kampung Energi" sukses diselenggarakan pada hari Kamis, 13 Juni 202 di Aula Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kampung Energi Dewan Energi , Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah, dan IESR (Institute for Essential Services Reform).


Sosialisasi ini diadakan karena melihat pengembangan energi terbarukan dan transisi energi di Jawa Tengah tidak terlepas dari peran serta pihak-pihak pemerintah (Pemerintah Desa) maupun non-pemerintah baik kerja sama bersama swasta maupun swadaya masyarakat. Untuk meningkatkan eksposur implementasi energi terbarukan dan transisi energi pada masyarakat dan Pemerintah Desa, perlu adanya pemberian informasi yang lebih mendalam dan mensosialisasikan praktik-praktik pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dan transisi energi di tingkat Desa untuk dapat mencapai kemandirian dan kedaulatan energi.

 

Beberapa poin penting yang disampaikan dalam sosialisasi ini:

 

1. Pentingnya pengembangan energi terbarukan dan transisi energi di Indonesia
2. Peran Pemerintah Desa dalam mendukung pengembangan EBT dan transisi energi
3. Praktik-praktik terbaik pengembangan EBT dan transisi energi di tingkat Desa
4. Manfaat dan peluang yang dapat diperoleh dari pengembangan EBT dan transisi energi
5. Para peserta sosialisasi sangat antusias dan mendapatkan banyak informasi baru.


"Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami, perangkat desa, untuk memahami lebih lanjut tentang EBT dan transisi energi. Kami berharap dapat menerapkan pengetahuan ini untuk mengembangkan EBT khususnya di Jawa Tengah," ujar salah satu peserta dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dan Pemerintah Desa tentang EBT dan transisi energi, serta mendorong partisipasi aktif mereka dalam mewujudkan Desa Mandiri Energi.

 

Peron Santun...

 

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Share :

Cuaca Hari Ini

Sabtu, 13 Juli 2024 06:16
Awan Tersebar
24° C 24° C
Kelembapan. 80
Angin. 2.66