Berita

Dispermasdes Kendal Gelar Bimbingan Teknis Penyusunan Profil Desa TA 2024

PERON - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kendal menyelenggarakan Bimbingan Teknis bertajuk "Penyusunan Profil Desa TA 2024" yang diikuti perangkat dari 266 desa/ kelurahan se-Kabupaten Kendal di Hotel Griya Persada Kaliurang Sleman. Hadir sebagai narasumber dari Dispermades Kendal dan Diskominfo Kendal.

 

Dalam bimtek terpapar sejumlah materi seperti Pedoman Penyusunan Profil Desa/Kelurahan, Praktek Pengisian Aplikasi Profil Desa/Kelurahan, serta Pendayagunaan Data Profil Desa/Kelurahan. Paparan ini sekaligus akan dipraktekan pada hari itu juga agar para peserta dapat langsung memahami secara baik dan benar dalam penyusunan profil desa/kelurahan. Para peserta saat itu pula mempraktekan teori dengan mengoperasikan komputer atau menerapkan aplikasi dalam penyusunan profil yang ditampilkan di website masing-masing desa/kelurahan.

 

Profil desa/kelurahan ini harus diperbaharui setiap tahun. Sebab,  sebagai basis data perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan beragam pembangunan agar tepat sasaran. Selain itu, dengan adanya profil desa/kelurahan maka masyarakat luas dapat mengetahui potensi desa serta perkembangan pembangunan desa tersebut.

 

Karenanya, Perangkat Desa yang hadir bisa berkounikasi dengan Kepala Desa masing-masing agar setelah bimtek ini  segera membentuk tim penyusunan profil desa yang diperkuat dengan SK kades. Selain itu juga di perkuat jaringan internet dan kompetensi SDMnya yang benar-benar memahami teknologi informasi yang telah menjadi tuntutan di era digitalisasi saat ini.  

 

Peron Santun...

Share :

Cuaca Hari Ini

Kamis, 22 Agustus 2024 21:23
Awan Mendung
28° C 26° C
Kelembapan. 75
Angin. 0.66