Kegiatan

Pelaksanaan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat Desa Peron TA 2023

Peron 30 Mei 2023 - Pemerintah Desa Peron menerima alokasi Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS) sejumlah 31 titik di 5 dusun yang direncanakan menggunakan dana bantuan Pemerintah Pusat Tahun Anggaran 2023.

 

Sebagai langkah awal, pada bulan Maret telah dilakukan survei sanitasi rumah tangga. Dari temuan survei tersebut, di semua dusun masih ditemui rumah tangga yang tidak bersanitasi dengan baik.

 

Hasil survei ini disosialisasikan kepada masyarakat dalam kegiatan Sosialisasi Sanimas yang menghadirkan 31 warga masyarakat perwakilan dari calon penerima bantuan SANIMAS di 5 dusun di Desa Peron. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, dibentuk Kelompok Masyarakat Penyelenggara (KMP) yang diberi nama KMP PERON SEHAT. Sebagai Ketua KMP adalah Tri Ariyanto, dan anggota KMP adalah perangkat desa dan tokoh masyarakat lainnya.

 

Tahap selanjutnya, KMP PERON SEHAT bersama dengan KMP se-Jawa Tengah menandatangani nota kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jawa Tengah untuk Program IBM Bidang Sanitasi Tahap I Tahun Anggaran 2023 pada Kamis, 13 April 2023.

 

Saat ini, Program Sanimas sedang dipersiapkan untuk pelaksanaan pekerjaan fisik. Oleh karena itu, Kepala Desa Peron bersama dengan Pendamping Teknik, mendiskusikan desain kamar mandi dan septic tank yang akan dibangun di rumah warga penerima bantuan sanitasi.

Share :

Cuaca Hari Ini

Jumat, 31 Mei 2024 01:52
Awan Mendung
28° C 28° C
Kelembapan. 84
Angin. 2.59