Kegiatan

Sosialisasi Implementasi Aplikasi Srikandi Di Lingkungan Pemerintahan Desa

Peron - Senin, 22 Januari 2024 di ruang rapat Ramayana Griya Persada Kabupaten Sleman dilaksanakan sosialisasi pelaksanaan implementasi aplikasi srikandi. Acara dihadiri oleh Sekretaris Desa Se-Kabupaten Kendal. Dalam sambutannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kendal Wahyu Yusuf Ahmadi, S.STP M.Si. menyampaikan aplikasi Srikandi adalah aplikasi umum bidang kearsipan dinamis yang dibuat untuk mewujudkan efisiensi penyelenggaraan administrasi pemerintahan dan penyelenggaraan kearsipan yang terpadu. Manfaat Aplikasi Srikandi mempermudah komunikasi antar instansi pemerintah, meningkatkan kinerja dan lebih optimal mencapai target organisasi, efisiensi penggunaan kertas, meningkatkan indeks penerapan SPBE, dan meningkatkan indeks pengawasan kearsipan.

 

 

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Dinarpus Kabupaten Kendal.Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa betapa pentingnya arsip sebagai bukti otentik dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Selain itu arsip juga menjadi indikator tata kelola pemerintahan yang baik. Arsip sebagai sumber informasi agar kedepannya bisa menjadi pembelajaran sebagai upaya menjaga identitas dan jati diri bangsa dan daerah. Pemerintah Desa peron mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kendal yang telah mendorong, menginisiasi dan terus berupaya mewujudkan sistem kearsipan berbasis elektronik melalui Aplikasi Srikandi.

 

 

Sosialialisasi dilanjutkan dengan penyampaian materi sekilas tentang aplikasi Srikandi oleh arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kendal. Dalam paparannya menjelaskan bahwa aplikasi srikandi adalah aplikasi dari pusat dan servernya berada di Kementerian Kominfo. Akun ini masih akun latihan dan belum akun live. Akun latihan ini dapat diakses pada https://srikandi.layanan.go.id/. Pada sosialisasi ini juga diinfomasikan ke perangkat desa untuk menyiapkan 1 personil yang nantinya akan menjadi admin. 

Share :