Kegiatan

Evaluasi Pelaksanaan dan Pembekalan Kegiatan P3TGAI Tahap 1 TA 2021

Semarang - Balai Wilayah Sungai Pemali Juwana Semarang melalui PPK Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air III (OP SDA III) mengadakan acara pembekalan kepada Kepala Desa dan ketua P3A se Karesidenan Semarang Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun 2021 dengan sasaran untuk menyediakan air bagi kawasan pertanian melalui perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi dengan luas kurang dari 150 hektar dan/atau irigasi desa, jaringan irigasi tersier pada daerah irigasi kewenangan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 9 September 2021 di Hotel Gumaya Semarang. Acara dihadiri oleh Kepala Desa dan Ketua P3A Tahun 2021 dari wilayah kerja Karesidenan Semarang. 

P3-TGAI dilaksanakan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan. P3-TGAI termasuk Program Padat Karya Tunai yaitu program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat  desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan tekologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kegiatan pembekalan P3-TGAI berlangsung dengan lancar, kombinasi peserta yang parsitipatif dan arahan narasumber yang mudah dipahami menghasilkan suasana diskusi yang hidup. Diharapkan kegiatan tersebut dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan seluruh Kepala Desa dan Ketua P3A sehingga dapat memberikan pengawasan dan pendampingan secara efektif kepada P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) dan upaya dalam mendukung tujuan terlaksananya P3-TGAI dapat tercapai dengan maksimal. 

 

Peron Santun

Share :