Berita

Rapat Koordinasi Perencanaan DAK Bidang Air Minum TA 2025

  • 19-03-2024
  • desaperon
  • 49

Selasa, 19 Maret 2024 - Dalam rangka mencapai target capaian RPJMN 2020-2024 Bappenas bersama Kementerian PUPR, dan kementerian lainnya baru saja mengadakan kegiatan “Rapat Koordinasi Perencanaan DAK Bidang Air Minum TA 2025” dan bertujuan untuk menindaklanjuti rencana progran DAK Air minum TA 2025..

Sub Koordinator Bidang Air Minum, Titus Tergar Tirtana  menyampaikan bahwa desa yang kita udang pada pertemuan hari ini merupakan desa yang menjadi sasaran usulan kegiatan DAK Air Minum TA 2025

 
 
Titus juga menyampaikan untuk tercapainya target tersebut perlu dipastikan bahwa daerah memahami arah kebijakan, konsep, dan dokumen yang diusulkan kepada daerah sehingga tepat sasaran dan tidak mengalami perubahan di tengah proses penilaian.

 
 
 
“Dari sektor air minum, arah kebijakan yang dituju pada 2024 ini yaitu untuk mewujudkan percepatan penyediaan air minum dalam rangka mendukung pencapaian RPJMN 2020-2024 dan MJ (Major Projek) 10 Juta SR (Sambungan Rumah), pemulihan ekonomi dan reformasi SDM serta SDGs Goal 6.1.1 dan memanfaatkan pemanfaatan kapasitas SPAM terbangun (idle capacity) yang dilakukan berdasarkan pada program RISPAM (Rencana Induk Sektor Air minum)”,jelas Titus.

 
 
Pada sesi akhir acara, Titus kembali menyampaikan untuk mencapai apa yang ditargetkan sebelumnya, tentu harus ada kolaborasi aktif antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pemerintah desa. Selain itu, karena alokasi DAK sudah menjadi kewenangan daerah, maka diperlukan alokasi yang lebih besar agar nantinya APBN hanya terfokus kepada hal-hal yang bersifat strategis nasional.  
 
 
Peron Santun...

Share :